Beranda Akuntansi Kumpulan Soal (Esai) Akuntansi Perusahaan Jasa Lengkap Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Akuntansi Perusahaan Jasa Lengkap Jawaban

44
0
Soal (Uraian/Essay) Materi Akuntansi Perusahaan Jasa
  1. Pemilik mengambil uang perusahaan untuk keperluan pribadinya sebesar Rp 400.000,00 Bagaimana analisis pencacatan akunya?
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan buku jurnal !
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan buku besar !
  4. Andika mendirikan bengkel Gudang Motor Untuk itu, Andre menyetorkan uang tunai sebesar Rp 20.000.000,00 sebagai modal awal. Bagaimana analisis pencatatan akunnya?
  5. Bengkel Gudang Motor membeli peralatan servis seherga Rp 15.000.000,00. Dibayar tunai sebesar Rp 10.000.000,00 dan sisanya akan dibayar satu bulan kemudian. Apa akibat dari adanya transaksi tersebut dalam proses akuntansi?
  6. Pada tanggal 2 Desember, Tuan Taka membeli perlengkapan bengkel secara tunai seharga Rp 1.000.000,00. Bagaimana analisis terdapat transaksi tersebut?
  7. Pada tanggal 5 Januari, bengkel Candra menerima pendapatan jasa service sebesar Rp 3.000.000,00. Bagaimana analisis pencatatan akunnya?
  8. Jelaskan prosedur debit dan kredit untuk akun yang di sajikan dalam neraca!
  9. Apakah yang dimaksud bukti transaksi eksternal?
  10. Tuliskan penggolongan bukti transaksi berdasarkan pihak yang menggunakannya !
  11. Jelaskan bahwa salah satu manfaat bukti transaksi yaitu dapat mengurangi kesalahan!
  12. Tuliskan akun yang berkurang bila di sisi kredit!
  13. Terangkan informasi yang dapt kita peroleh dari laporan laba rugi?
  14. Apakah kegunaan dibuatnya taksiran piutang tak tertagih?
  15. Jelaskan fungsi histories dari jurnal!
  16. Mengapa bentuk buku besar perusahaan yang satu dengan yang lainnya berbeda?
Jawaban:
  1. Transaksi ini menyebabkan modal barkurang dan aset berhutang. Nama akun yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah Kas dan akun Prive. Transaksi ini dicatat pada sisi debit akun Prive (karena modal berkurang) dan sisi kredit akun kas (karena kas berkurang). 
  2. Media yang digunakan untuk mencatat transaksi perusahaan secara ringkas, permanen dan lengkap serta disusun secara kronologis untuk referensi di masa mendatang, dan merupakan catatan akuntansi yang pertama, sehingga dikenal sebagai the books of original entry
  3. Buku yang berisi kumpulan akun (account) terpadu yang sering kali disebut juga sebagai rekening atau perkiraan
  4. Analisisinya adalah karena kas bertambah Rp20.000.000,00, maka akun yang bersangkutan harus didebit sebesar Rp20.000.000,00 (jika aktiva bertambah akun yang bersangkutan harus didebit). Sedangkan modal juga bertambah sebesar Rp20.000.000,00. Penambahan modal mengakibatkan akun yang bersangkutan harus dikredit sebesar Rp20.000.000,00.
  5. Akibat dari transaksi ini sebagai berikut.
    a. Akun pada aset akan bertambah dan akun kewajiban juga bertambah.
    b. Nama akun aset yang dipakai adalah akun kas dan Peralatan. Nama akun kewajiban yang dipakai adalah Utang Usaha.
    c. Dicatat sebagai debit (penambahan) sebesar Rp15.000.000,00 pada Peralatan dan kredit (pengurangan) sebesar Rp10.000.000,00 pada kas, serta kredit (penambahan) sebesar Rp5.000.000,00 pada Utang.
  6. Transaksi ini menyembabkan aset kas bertambah dan pendapatan bertambah. Nama rekening yang berpengaruh dari transaksi ini adalah Kas dan Perlengkapan. Pembelian perlengkapan secara tunai tersebut dicatat dalam akun Kas pada sisi kredit sebesar Rp 1.000.000,00 (karena Kas berkurang) dan catat ke dalam akun Perlengkapan pada sisi debit (karena perlengkapan bertambah).
  7. Transaksi ini menyebabkan aset kas bertambah dan pendapatan bertambah. Nama akun yang terpengaruh akibat dari transaksi ini adalah kas dan pendapatan yang disebut Pendapatan jasa servis. Pendapatan jasa sevis ini dicatat ke sisi debit akun kas (karena kas bertambah) dan sisi kredit akun Pendapatan jasa servis (karena pendapatan usaha bertambah).
  8. Akun aktiva akan bertambah jumlahnya bila sisi debet ditambah, akun pasiva akan bertambah bila sisi kredit ditambah, demikian pula sebaliknya.
  9. Bukti transaksi eksternal adalah bukti yang dibuat oleh pihak luar dan digunakan untuk proses akuntansi perusahaan.
  10. Penggolongan bukti transaksi berdasarkan pihak yang menggunakannya yaitu bukti transaksi internal dan eksternal.
  11. Ciri penting dari bukti transaksi adalah semua data yang penting tersebut direkam dalam bentuk tulisan, sehingga dapat mengurangi kesalahan.
  12. Akun yang berkurang bila di sisi kredit yaitu sktiva, beban, dan prive.
  13. Laporan laba rugi akan dapat diketahui tingkat perkembangan sebuah perusahaan Karena dalam laporan ini akan disajikan informasi mengenai penghasilan yang diperoleh dan beban yang dikeluarkan oleh perusahaan selama periode tertentu.
  14. Taksiran piutang tak tertagih digunakan untuk mencatat kemungkinan kerugian aatas piutang tak tertagih.
  15. Fungsi histories adalah transaksi yang di catat di dalam jurnal diurutkan menurut tanggal terjadinya transaksi, sehingga suatu transaksi mudah ditelusuri dan dibuktikan. 
  16. Bentuk buku besar perusahaan yang satu berbeda dengan bentuk perusahaan yang lain. Karena bentuk buku akun buku besar tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here