Beranda Akuntansi Definisi Akuntansi Syariah – Para Ahli/Pakar dan Umum

Definisi Akuntansi Syariah – Para Ahli/Pakar dan Umum

22
0
Arti Akuntansi Syariah Menurut Para Ahli/Pakar dan Umum
  1. Adnan M Akhyar (2005:70)
    Akuntansi syariah merupakan akuntansi yang memiliki tujuan untuk membantu pencapaian keadilan sosial ekonomi (Al Falah) serta mengenal penuh mengenai kewajiba-kewajiban kepada Tuhan, masyarakat, serta individu yang terkait di dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi sebagai sarana ibadah. Badan yang mengeluarkan standar akuntansi syariah adalah AAO-IF yang sudah didirikan pada tahun 1991.
  2. Dr Omar Abdullan Zaid 
    Akuntansi syariah atau Muhasabah merupakan aktivitas yang dilakukan secara teratur dan berkaitan dengan pencatatan transaksi, tindakan, keputusan yang memang sesuai dengan syariat Islam serta jumlahnya akan dicatat dalam bentuk yang representatif dan berhubungan dengan pengukuran dengan hasil-hasil keuangan yang berimplikasi pada transaksi, tindakan, serta keputusan yang digunakan untuk membentuk pengambilan sebuah keputusan yang tepat.
  3. Karim (1990)
    Akuntansi syariah merupakan bidang baru di dalam ilmu akuntansi yang mana dikembangkan dengan menggunakan landasan-landasan nilai, etika, serta syariah islam. Sehingga akuntansi syariah sering dikenal dengan nama akuntansi Islam.
  4. Muhammad (2012)
    Akuntansi syariah merupakan akuntansi yang mempunyai 3 komponen prinsip diantaranya prinsip pertanggungjawaban (Accountability), prinsip keadilan dan prinsip kebenaran yang berdasarkan pada hukum syariah dan bersifat universal.
  5. Napier (2007)
    Akuntansi syariah merupakan bidang di dalam ilmu akuntansi yang lebih menekankan pada dua hal yaitu pelaporan dan akuntabilitas. Yang dimaksudkan dengan akuntabilitas dapat tercemin melali tauhid, segala sesuatu yang ada di bumi ini tentunya harus berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah SWT dan manusia berperan menjadi khalifah Allah di bumi. Dapat dikatakan akuntansi syariah adalah bentuk dari pertanggung jawaban manusia pada Allah SWT serta bentuk pertanggungjawaban manusia terhadap manusia lainnya.
  6. Nurhayati dan Wasilah, (2009: 2) 
    Akuntansi syariah ialah proses akuntansi atas transaksi-transaksi yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Allah SWT. Jadi dapat disimpulkan akuntansi syari’ah adalah kegiatan pencatatan terhadap data-data historis yang bersifat moneter berdasarkan nilai-nilai Islam dan konsep-konsep yang diterapkan dalam Al-Qur’an dan berguna untuk memberikan informasi keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan oleh para pemakai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here