Beranda Akuntansi Kumpulan Istilah Akuntansi Beserta Definisinya

Kumpulan Istilah Akuntansi Beserta Definisinya

23
0
Istilah-Istilah Materi Akuntansi
  1. Agio saham
    Agio saham adalah selisih antara harga jual terhadap terhadap harga nominal saham pada saat perusahaan melakukan penawaran umum di pasar perdana.
  2. Aktiva (assets)
    Sumber daya ekonomi atau harga yang dimiliki atau dikendalikan oleh suatu perusahaan, seperti kas, bangunan, kendaraan, dan lain lain, yang diharapkan mempunyai manfaat dimasa depan. Atau investasi yang dilakukan perusahaan dalam aktivitasnya mengejar laba.
  3. Aktiva Bersih 
    Istilah yang berkenaan dengan modal sendiri atau ekuitas pemilik, yaitu aktiva dikurangi kewajiban.
  4. Aktiva cepat (quick assets) 
    Kas dan aktiva yang mudah dijadikan kas seperti surat berharga, dan piutang dagang (atau sama dengan Aktiva lancar dikurangi persediaan).
  5. Aktiva cepat (current assets) 
    Kas dan juga aktiva atau harta perusahaan yang akan dijual atau dikonsumsikan atau dikonversikan kembali ke kas dalam suatu siklus operasi normal atau dalam satu tahun buku (terhitung sejak tanggal neraca).
  6. Aktiva lain lain 
    Aktiva yang tidak lancar, yang tidak dapat dimasukkan ke dalam investasi/penyertaan, aktiva tetap atau aktiva tak berwujud
  7. Aktiva operasi 
    Kas, piutang, persediaan, pabrik dan peralatan dan semua aktiva lainnya yang digunakan untuk aktivitas produktif suatu perusahaan
  8. Aktiva tetap (fixed assets) 
    Aktiva berwujud yang tidak lancar yang digunakan dalam aktivitas operasi normal perusahaan, yang merupakan investasi fisik (yang dapat dilihat dan dipegang) perusahaan dalam jangka panjang (lebih dari satu tahun), seperti tanah, bangunan, pabrik, mesin, dan peralatan.
  9. Aktiva tak berwujud (intangible assets) 
    Aktiva aktiva yang tidak mempunyai wujud fisik tetapi mempunyai manfaat ekonomi dimasa depan berdasar hak atau manfaat yang diperoleh pemilik aktifa tersebut. Contoh : hak cipta (copyrights), hak paten (patens), merek dagang (trademark), goodwill dan franchises
  10. Aktivitas Investasi 
    Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi yang melibatkan pengambilalihan (acquisition) dan pelepasan (disposition) aktiva yang tidak lancar (noncurrent assets). Aktiva ini merupakan transaksi yang melibatkan pembuatan atau pengumpulan hutang, atau yang melibatkan pembelian atau penjualan aktiva tetap, aktiva produktif lainnya, atau investasi (selain yang ekuivalen dengan kas).
  11. Aktiva operasi 
    Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi yang masuk dalam laporan laba rugi. Aktivitas yang melibatkan produksi atau pembelian barang dagangan dan penjualan barang atau jasa kepada para pelanggan; termasuk biaya untuk mengelola perusahaan.
  12. Aktivitas pendanaan 
    Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi (selain pembayaran bunga) yang melibatkan peminjaman dari kreditor, dan semua transaksi (kecuali deviden saham dan pemecahan saham) yang melibatkan pemilik perusahaan. Aktivitas ini merupakan transaksi perusahaan yang melibatkan peminjaman kas dalam jangka pendek, atau dengan pemilik ataupun kreditor untuk jangka panjang.
  13. Akumulasi penyusutan/depresiasi 
    Jumlah kumulatif biaya penyusutan/depresiasi sejak aktiva tetap dimiliki atau diperoleh dan digunakan.
  14. Akuntan publik 
    Akuntan profesional yang memberikan jasa akuntansi kepada masyarakat umum. Jasa yang diberikan dapat mencakup pengujian kewajaran laporan keuangan, konsultasi perpajakan, bertindak sebagai konsultan manajemen atau melakukan jasa kajian kinerja akuntansi.
  15. Akuntansi 
    Suatu sistem yang menyediakan informasi kuantitatif mengenai entitas ekonomi, khususnya dalam perilaku keuangan, yang dimaksudkan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Akuntansi juga didefinisikan sebagai seni pencatatan/pembukuan, pengklasifikasian, peringkasan, dan pelaporan dalam suatu pola dan dan ukuran uang, transaksi transaksi dan kejadian kejadian yang paling tidak berciri keuangan dan menginterprestasikan hasilnya. Akuntansi sering dikenal sebagai bahasa bisnis (the languange of business), karena banyaknya istilah yang dipakai dalam bisnis.
  16. Arus kas (cash flow) 
    Istilah umum yang perlu diinprestasikan dengan hati hati. Pengertian paling tepat adalah arus masuk dan arus keluar kas. Paling sering istilah ini digunakan untuk menyatakan dana yang dihasilkan dari operasi.
  17. Audit 
    Proses dimana seorang akuntan mempelajari dan mengevaluasi pengendalian intern suatu perusahaan, selanjutnya menguji keakuratan dan kehandalan dari laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum, dan membuat suatu laporan yang menjelaskan mengenai pengujian yang telah dilakukan dan memberikan opini akuntan mengenai kewajaran laporan keuangan perusahaan.
  18. Ayat jurnal (Journal entry)
    Ayat jurnal (Journal entry) Adalah penyajian suatu transaksi ke dalam nama perkiraan dan jumlah yang harus didebit dan dikredit.
  19. Ayat jurnal penyesuaian (Adjusting entries)
    Ayat jurnal penyesuaian (Adjusting entries) Adalah mengkoreksi perkiraan harta, hutang, modal, pendapatan dan beban, sehingga mencerminkan keadaan yang sebenarnya.
  20. Ayat jurnal koreksi
    Ayat jurnal koreksi Adalah ayat jurnal yang dibuat untuk mengkoreksi ayat jurnal lain yang dibuat sebelumnya.
  21. Ayat jurnal pembalik
    Ayat jurnal pembalik Adalah ayat jurnal yang dibuat (biasanya pada awal periode akuntansi) untuk membalik ayat jurnal penyesuaian yang dibuat sebelumnya. Ayat jurnal balik dapat juga dikatakan sebagai ayat jurnal yang didebit dan kreditnya merupakan kredit dan debit ayat jurnal penyesuaian masing-masing dalam jurnal yang sama.
  22. Beban 
    Barang atau jasa yang dikonsumsi dalam operasi perusahaan.
  23. Biaya 
    Biaya yang muncul selama periode akuntansi yang berkaitan dengan penghasilan. Biaya merupakan sumber daya yang dikorbankan atau diserahkan untuk mendapatkan atau menghasilkan barang dan jasa . biaya bisa juga dipandang sebagai ongkos konsumsi aktiva dan ongkos hutang yang terjadi dalam perusahaan guna mendapatkan penghasilan.
  24. Biaya adminstrasi dan umum 
    Biaya yang muncul dalam perhitungan laba rugi sebagai salah satu kelompok biaya, yang merupakan biaya biaya yang tidak berkenaan langsung dengan proses produksi; yaitu biaya kantor, biaya tenaga kerja, dan biaya umum lainnya.
  25. Biaya bahan baku
    Biaya bahan baku Adalah bahan yang membentuk suatu kesatuan yang tak terpisahkan dari produk jadi, dan merupakan biaya utama dalam proses pembuatan produk.
  26. Biaya bahan langsung
    Biaya bahan langsung Adalah semua bahan untuk membentuk suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari barang jadi dan dapat langsung diperhitungkan dalah harga pokok produk.
  27. Biaya bahan penolong
    Biaya bahan penolong Adalah biaya yang diperlukan untuk membuat produk dan penggunaannya relative kecil.
  28. Biaya depresiasi
    Biaya depresiasi Adalah alokasi harga perolehan aktiva tetap berwujud yang dibebankan pada suatu periode tertentu.
  29. Biaya dibayar dimuka (prepaid expense) 
    Suatu aktiva yang akan dikonsumsi dalam suatu perusahaan, dan bila sudah dikonsumsikan akan menjadi biaya. Atau suatu aktiva yang muncul karena kebutuhan operasi perusahaan telah diperoleh dimuka sebelum digunakan.
  30. Biaya gaji
    Biaya gaji Adalah biaya yang berasal dari pemakaian jasa karyawan atau buruh yang dipekerjakan dalam perusahaan.
  31. Biaya hutang tidak tertagih
    Biaya hutang tidak tertagih Adalah biaya yang berhubungan dengan tidak tertagihnya piutang.
  32. Biaya lain-lain
    Biaya lain-lain Adalah biaya-biaya yang tidak berhubungan dengan kegiatan utama perusahaan
  33. Biaya masih harus dibayar
    Biaya masih harus dibayar Adalah biaya-biaya yang sudah merupakan beban walaupun hutang yang bersangkutan belum saatnya merupakan kewajiban.
  34. Biaya overhead pabrik
    Biaya overhead pabrik Adalah biaya yang timbul akibat pemakaian fasilitas untuk mengolah barang berupa mesi, alat-alat, tempat kerja dan kemudahan lain.
  35. Biaya pemasaran
    Biaya pemasaran Adalah biaya yang terjadi sehubungan dengan kegiatan pemasaran.
  36. Biaya penjualan 
    Suatu klasifikasi biaya yang meliputi semua biaya yang berkenaan dengan pemasaran produk sampai ke tangan pelanggan, seperti biaya penyiapan dan penyimpanan produk yang dijual, biaya promosi penjualan, dan biaya penyampaian barang sampai ke tangan pelanggan.
  37. Biaya penyusutan 
    Biaya hasil dari penyusutan aktiva tetap.
  38. Biaya perlengkapan
    Biaya perlengkapan Adalah biaya yang timbul karena pemakaian perlengkapan (bahan pembantu).
  39. Biaya produksi
    Biaya produksi Adalah biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi.
  40. Buku besar
    Buku besar Adalah kesatuan akun yang saling berkaitan satu dengan yang lain.
  41. Buku besar khusus
    Buku besar khusus Adalah buku besar tambahan yang dirancang untuk mengumpulkan informasi lebih rinci guna mendukung informasi yang terdapat pada salah satu perkiraan di buku besar.
  42. Buku besar tambahan
    Buku besar tambahan Adalah kadang-kadang disebut juga buku besar pembantu
  43. Buku harian khusus
    Buku harian khusus Adalah buku harian (jurnal) yang dirancang untuk mencatat suatu transaksi (atau beberapa transaksi) tertentu.
  44. Buku hutang
    Buku hutang Adalah kadang-kadang disebut juga dengan buku tambahan hutang: buku besar tambahan untuk perkiraan hutang. Buku hutang merupakan kumpulan dari kartu hutang.
  45. Buku piutang
    Buku piutang Adalah kadang-kadang disebut buku tambahan piutang: buku besar tambahan untuk perkiraan piutang. Buku piutang merupakan kumpulan dari kartu piutang
  46. Bunga 
    Harga atau beban yang harus dibayar dengan adanya penggunaan atau pemanfaatan uang selama periode tertentu.
  47. Catatan atas laporan keuangan (notes of the financial statement) 
    Catatan yang menyertai laporan keuangan; merupakan penjelasan tertulis mengenai aspek aspek penting dari berbagai item dalam laporan keuangan.
  48. Dana (fund) 
    Konsep umum sama dengan modal. Pengertian lebih sempit berarti modal kerja atau kas.
  49. Debit 
    Suatu pembukuan disisi kiri rekening T atau rekening buku besar (ledger), yang mencerminkan suatu kenaikan aktiva atau penurunan rekening kewajiban dan modal .
  50. Deplesi 
    Proses alokasi porsi biaya dimana sumber daya alam kehilangan manfaatnya dengan hilangnya atau berkurangnya sumber daya tersebut. Mengikuti proses yang sama seperti penyusutan unit produksi atau aktiva tetap. Ini biasa digunakan untuk sumber daya alam; seperti minyak, gas dan mineral
  51. Deviden (devidend) 
    Hasil atau imbalan yang diperoleh para pemegang saham yang merupakan pembagian laba/keuntungan kepada para pemegang saham-nya; merupakan distribusi kas atau aktiva lainnya oleh perusahaan kepada para pemegang saham.
  52. Deviden per lembar (devidend per share 
    Jumlah deviden biasa yang dibayarkan dibagi dengan jumlah lembar saham biasa yang dikeluarkan.
  53. Franchise 
    Suatu kontrak dari pemerintah, pabrikan, atau distributor yang memberikan hak untuk menggunakan nama, simbol, atau identitas operasi lainnya; atau suatu hak untuk menggunakan formula, desain, atau teknik, atau hak melakukan bisnis (menjual barang atau jasa khas) diwilayah tertentu.
  54. Goodwill 
    Suatu nilai entitas aktiva yang dapat diidentifikasikan kekhasannya.
  55. Hak Cipta (Copy Right) 
    Suatu hak yang diberikan oleh pemerintah untuk memproduksi dan menjual karya cipta berupa karya tulis atau literatur, musik, dan karya artistik; serta melarang publikasi bajakan atau bentuk imitasi lainnya.
  56. Hak Paten (patent) 
    Suatu hak khusus yang diberikan pemerintah kepada penemu; yang berhak untuk menggunakan, membuat, mengolah, atau menjual temuannya (biasanya berupa suatu produk).
  57. Harga pasar 
    Harga yang terjadi atas suatu item barang di pasar.
  58. Harga pokok penjualan 
    Sumber daya yang digunakan (bahan, tenaga kerja, dan overhead) untuk menghasilkan suatu produk yang terjual ke pelanggan. Istilah dalam bahasa inggirs Cost of Good Manufacured (untuk perusahaan pabrikasi) atau Cost of the Good Sold (untuk perusahaan perdagangan), yaitu sumber daya yang digunakan untuk mendapatkan barang dagangan yang dijual ke pelanggan.
  59. Hutang dagang 
    Suatu kewajiban atau hutang yang menunjukkan jumlah yang dipinjam dari pemasok barang dan jasa ke perusahaan, karena pembelian secara kredit.
  60. Hutang wesel 
    Wesel tagih (pernyataan tertulis) yang merupakan bukti hutang, juga mencamtumkan syarat syarat pembayaran.
  61. IAI Ikatan Akutansi Indonesia
    Organisasi profesi yang meresmikan dan menyebarluaskan prinsip – prinsip Akuntansi Indonesia
  62. Imbalan modal pemegang saham biasa(Return on stock-holders equity) 
    Laba bersih dikurangi dividen saham preferen dibagi dengan modal sendiri (equity) tahun lalu dikurangi dengan nilai saham preferen. Sering disebut (Return on Common Stockholder’s Equity).
  63. Imbalan modal perusahaan (return on total capital) 
    Laba sebelum bunga dan pajak dibagi dengan total aktiva. Sering juga disebut retun on total assets.
  64. Imbalan modal sendiri (return on owner’s equity) 
    Laba bersih dibagi dengan modal sendiri (ekuitas).
  65. Investasi 
    Aktiva lancar (noncurrent assets) yang diperoleh dengan maksud (1) memproduksi penghasilan secara insedetal (2) spekulasi, dan (3) merawat hubungan jangka panjang dengan pemasok dan pihak lainnya. Aktiva ini termasuk kepemilikan surat berharga (saham atau obligasi) perusahaan lain, dan tidak dikelompokkan sebagai aktiva lancar, atau tidak digunakan dalam aktivitas operasi normal perusahaan.
  66. Jaminan bunga 
    Laba sebelum bunga obligasi dan pajak dibagi dengan biaya bunga (bunga obligasi).
  67. Kas (cash) 
    Setiap media penukar yang dapat diterima bank; termasuk uang kertas, uang logam, check dan uang yang tersimpan di bank.
  68. Keusangan 
    Situasi dimana karena adanya penemuan baru atau peningkatan / penyempurnaan, suatu aktiva tetap tidak lagi dapat digunakan untuk memproduksi suatu produk secara kompetitif.
  69.  Kewajiban / hutang (liabilities) 
    Suatu jumlah yang dipinjam oleh perusahaan dari pihak lain (kreditor)
  70. Kewajiban hutang lancar (current liabilities) 
    Kewajiban atau hutang yang akan dibayar atau jatuh tempo dalam waktu satu tahun buku (terhitung sejak tanggal neraca) atau kurang; atau dalam siklus operasi normal jika lebih lama dari satu tahun. Ini menunjukkan jumlah yang dipinjam dari kreditor, karyawan, pemerintah, atau pihak lain.
  71. Kewajiban/ hutang jangka panjang (long term liabilities) 
    Kewajiban yang tidak akan dibayar dengan aktiva lancar selama siklus operasi, atau tidak akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau lebih (terhitung sejak tanggal neraca).
  72. Konsep akuntansi 
    Suatu ide abstrak yang berlaku sebagai dasar dalam interprestasi informasi akuntansi.
  73. Kredit Suatu pembukuan di sisi kanan rekening T atau rekening buku besar (ledger) yang mencerminkan penurunan rekening aktiva atau kenaikan rekening kewajiban dan modal.
  74. Kreditor 
    Orang atau perusahaan dari mana hutang diperoleh,
  75. Laba 
    Selisih positif antara pandapatan (revenue) setelah dikurangi biaya (expense).
  76. Laba bersih 
    Selisih positif antara total pendapatan atau keuntungan setelah dikurangi total biaya atau kerugian dalam satu periode akuntansi.
  77. Laba kotor/Bruto 
    Penjualan bersih dikurangi dengan harga pajak penjualan barang atau jasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here