Beranda Akuntansi Definisi Akuntansi Biaya – Para Ahli/Pakar dan Umum

Definisi Akuntansi Biaya – Para Ahli/Pakar dan Umum

10
0
Arti Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli/Pakar dan Umum
  1. Abdul Halim
    Akuntansi biaya adalah ilmu akuntansi yang membicarakan tentang penentuan cost atau harga pokok dari suatu produk yang diproduksi atau yang akan dijual di pasar baik itu untuk memenuhi pesanan atau pemesan ataupun untuk dijadikan persediaan barang daganan yang akan dijual.
  2. Armanto Witjaksono (2006:45)
    Akuntansi biaya akan melengkapi manajemen dengan perangkat akuntansi untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian.
  3. Bastian dan Nurlela (2006)
    Akuntansi biaya adalah suatu bidang dalam akuntansi yang mempelajari bagaimana cara mencatat, mengukur dan melaporkan tentang informasi biaya yang digunakan.
  4. Bustami (2010:4) 
    Akuntansi biaya adalah bidang ilmu akuntansi yang mempelajari bagaimana cara mencatat, mengukur, dan pelaporan informasi biaya yang digunakan. Disamping itu akuntansi biaya juga membahas tentang penentuan harga pokok dari “suatu produk” yang diproduksi dan dijual kepada pemesan maupun untuk pasar, serta untuk persediaan produk yang akan dijual.”
  5. Carter dan Usry
    Akuntansi biaya adalah perhitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.
  6. Dunia dan Abdullah (20012:7)
    Akuntansi biaya adalah bagian dari akuntansi manajemen di mana merupakan salah satu dari bidang khusus akuntansi yang menekankan pada penentuan dan pengendalian biaya.
  7. Hendi Somantri
    Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan penyajian laporan mengenai transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya pembuatan dan penjualan produk, atau penyerahan jasa serta analisis dan penafsiran terhadap hasilnya.
  8. Horngren, Datar, dan Foster
    Akuntansi Biaya akan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntansi biaya akan mengukur dan melaporkan setiap informasi keuangan dan non keuangan yang berhubungan dengan biaya peroleh atau pemanfaatan sumber daya salah satu organisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here